Bencana kemanusiaan di Venezuela

Sebuah tulisan dari Maimon Herawati di Facebook pada June 28 2019. Ada bencana kemanusiaan yang tidak banyak sampai pada kita, Venezuela. Terlepas dari negara komunis (ada yang menyebutnya negara sosialis) ini gagal ekonomi karena pengelolaan yang salah, faktanya ril : Rakyatnya meninggalkan negara mereka karena LAPAR.

Analisa ekonomi tentang Venezuela banyak. Silahkan cari. Segelas kopi harganya bisa dua juta Bollivard. Sebulan gaji mereka. Bagi pecinta kopi seperti saya, pahit banget dah kenyataan ini.

Kelaparan merata rakyat ini, pemicu yang lain adalah kegagalan panen karena cuaca ekstrim. Pemicu utama? Harga minyak dunia turun, produksi minyak Venezuela turun. Negara mengandalkan kekuatan ekonomi padanya, maka ketahanan ekonomi negara mereka jadi rapuh.

Perpaduan salah manajemen ekonomi dengan gagal panen karena cuaca ekstrim, rakyat terpaksa meninggalkan rumah dan tanahnya. Jadi? Saya juga bingung harus bagaimana, kecuali berusaha self sufficient dan green living seperti posting sebelum ini.

Komentar Netizen, Teguh Wibowo ya Allah gimana jadinya ketika negara dikelola kaya begini 4,5 tahun menjabat udah pada bangkrut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *